Royal Jelly

Royal Jelly

Royal Jelly

Royal jelly atau susu lebah merupakan sumber makanan yang paling istimewa bagi lebah, terutama bagi ratu lebah yang mengonsumsinya seumur hidup. Royal jelly kaya akan kandungan nutrisi penting alami yang dapat memberikan manfaat  yang luar biasa bagi manusia, terutama untuk memperlambat  proses penuaan. Proses penuaan tidak dapat dihindari oleh siapa pun karena merupakan proses alami akibat pertambahan usia kita. Beberapa dari kita mengalami proses penuaan disertai dengan timbulnya penyakit arthritis, katarak, diabetes dan sakit jantung. Proses penuaan juga dapat mempengaruhi  daya ingat, aktivitas, penglihatan, dan perubahan pada kulit kita.

Efek-efek tersebut serta berbagai penyakit degeneratif merupakan tanda-tanda penuaan dini yang sering kali disebabkan oleh kebiasaan makan yang buruk, polusi, kebiasaan merokok, dan konsumsi alkohol. Penelitian membuktikan bahwa solusi utama untuk mengurangi efek penuaan adalah dengan mengonsumsi nutrisi secara optimal. Diet seimbang dan suplemen yang tepat dapat membantu memelihara sel tubuh kita sekaligus dapat memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel serta merupakan faktor utama dalam proses penuaan.

Apakah Royal Jelly itu? Royal jelly dikenal juga dengan sebutan susu lebah karena warnanya yang mirip dengan warna susu, dihasilkan dari kelenjar hipofaringeal yang terdapat di bagian kepala lebah perawat, dan merupakan makanan bagi para lebah dan ratu lebah. Secara genetik, telur ratu lebah identik dengan telur lebah betina lainnya. Tetapi lebah pekerja (betina) hanya mengonsumsi royal jelly selama tiga hari pada fase larva, sementara ratu lebah mengonsumsi royal jelly sepanjang hidupnya.

Royal jelly membuat ratu lebah memiliki banyak keunggulan dibandingkan lebah betina lainnya, yaitu ratu lebah berusia 40 kali lebih lama dibanding lebah pekerja (4-6 tahun dibandingkan 5-6 minggu), dan dapat menghasilkan telur hingga 2,000 telur per harinya, sementara lebah betina yang lain tidak menghasilkan telur atau mandul. Sungguh luar biasa!

Royal jelly kaya akan kandungan nutrisi penting yang tidak hanya berguna bagi para lebah, tetapi juga bermanfaat bagi manusia, seperti:

• Protein dan asam amino, yang merupakan komponen terbesar dalam royal jelly.

• Asam lemak esensial. Asam lemak yang paling banyak terkandung dalam royal jelly adalah 10-HDA (trans-10-hydroxy-2-decenoic acid). Hingga kini belum ditemukan produk alami lain yang memiliki kandungan 10-HDA, tidak juga pada hasil lebah lainnya

• Vitamin B kompleks, seperti: B1, B2, B6, B12, biotin, asam folat, dan inositol. Selain itu juga kaya akan kandungan vitamin B5 atau asam pantotenat yang dikenal akan khasiatnya untuk mengurangi tingkat stres.

• Asetilkolin

• Gula, yaitu fruktosa dan glukosa, yang merupakan sumber karbohidrat.

• Enzim

• Mineral, seperti: kalium, kalsium, natrium, zinc, besi, cuprum, dan mangan.

Manfaat Royal Jelly

• Sebagai antipenuaan, yang dapat membantu memperpanjang rentang hidup.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang pada tahun 2003 dengan menggunakan tikus sebagai hewan percobaan, royal jelly terbukti  dapat meningkatkan rentang hidup tikus sekitar 25% akibat penurunan kerusakan DNA

• Sebagai anti-oksidan tinggi. Protein yang terdapat dalam royal jelly memiliki aktivitas anti-oksidan yang tinggi yang bermanfaat untuk mengatasi radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh, yang juga merupakan faktor penyebab terjadinya penuaan dini.

• Menjaga keremajaan kulit

Penelitian membuktikan bahwa 10-HDA yang terdapat dalam royal jelly dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di sel kulit4. Kolagen merupakan protein yang terdapat pada kulit yang bertugas untuk mempertahankan keremajaan dan kelenturan kulit sehingga tidak mudah keriput.

• Meningkatkan daya ingat serta menjaga kesehatan otak.

~ Kandungan asetilkolin dalam royal jelly dapat membantu meningkatkan daya ingat, sangat bermanfaat bagi mereka yang lanjut usia atau yang menderita penyakit Alzheimer.

~ Dapat membantu melindungi sistem saraf sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit syaraf yang dialami manula, seperti penyakit Parkinson.

• Memiliki aktivitas antibakteri dan antijamur

Protein royalisin, yang hanya terdapat dalam royal jelly, memiliki manfaat sebagai antibakteri dan antijamur.

•Meningkatkan sistem imunitas.

Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara menstimulasi produksi sel-sel imun.

• Membantu memperbaiki sistem reproduksi.

Kemampuan ratu lebah yang bertelur hingga 2.000 per hari dibandingkan lebah betina lain yang tidak menghasilkan telur, karena ratu lebah mengonsumsi royal jelly seumur hidupnya, membuat para ilmuwan melakukan beberapa penelitian yang membuktikan kalau royal jelly dapat membantu memperbaiki sistem reproduksi wanita sehingga dapat meningkatkan kesuburan⁸.

• Membantu mencegah osteoporosis.

~ Para ilmuwan menemukan bahwa mengonsumsi royal jelly dapat mengurangi resiko terjadinya keropos pada tulang. Hal ini disebabkan karena royal jelly membantu meningkatkan kemampuan tulang  dalam menyerap kalsium.

~ Royal jelly juga dapat menstimulasi pembentukan tulang serta membantu mengurangi resiko terjadinya osteoporosis akibat menurunnya kepadatan tulang

Jika anda ingin merasakan langsung manfaat royal jelly?

Silakan melakukan pemesanan ke hd.santy89@gmail.com atau 08785 4864 313

Related Blogs

 

Related Blogs

 

Related Blogs

 

Related Blogs

 


Related Blogs

    Incoming search terms:

    Leave a Reply